• karakter 2
  • 3

SELAMAT DATANG DI WEBSITE SMA NEGERI 1 PALANGKA RAYA, MAJU BERSAMA SMANSA JAYA...!

Pencarian

Login Member

Username:
Password :

Kontak Kami


SMA Negeri 1 Palangka Raya

NPSN : 30203479

Jl. AIS. Nasution Nomor 02 Palangka Raya 73111


info@sman1palangkaraya.sch.id

TLP : 05363239969


          

Banner

Jajak Pendapat

No Poles setup.

Statistik


Total Hits : 592653
Pengunjung : 162885
Hari ini : 284
Hits hari ini : 1018
Member Online : 2
IP : 44.192.47.87
Proxy : -
Browser : Opera Mini

Status Member

Siswa SMAN 1 Palangka Raya Ikuti Sosialisasi Tertib Berlalu Lintas dari Ditlantas Polda Kalteng




Narasumber dari Ditlantas Polda Kalteng, Kompol Woro Budiastuti saat menyampaikan materi sosialisasi ke para siswa di aula SMA Negeri 1 Palangka Raya

 

Perwakilan siswa kelas X, XI dan XII SMA Negeri 1 Palangka Raya mengikuti kegiatan sosisalisasi tertib berlalu lintas yang dilaksanakan oleh pihak Ditlantas Polda Kalteng di aula SMA Negeri 1 Palangka Raya. Kegiatan ini juga dihadiri oleh kepala SMA Negeri 1 Palangka Raya, Drs. H. Arbusin. (13/04/2022)

Kegiatan sosialisasi tertib berlalu lintas diawali dari arahan kepala SMA Negeri 1 Palangka Raya. Kemudian dilanjutkan paparan materi sosialisasi. Pada bagian akhir kegiatan dilaksanakan tanya jawab atau diskusi dengan peserta atau siswa.

Dalam arahannya kepala SMA Negeri 1 Palangka Raya, Drs. H. Arbusin menyampaikan terima kasinya kepada pihak Ditlantas Polda Kalteng yang telah meluangkan waktu untuk berbagi informasi kepada para siswa SMA Negeri 1 Palangka Raya tentang tertib berlalu lintas. Selanjutnya diharapkan pula agar para siswa yang mengikuti kegiatan agar menyimak dengan baik dan tertib segala informasi yang disampaikan narasumber.

“Saya sampaikan terima kasih kepada pihak Polda Kalteng yang mau meluangkan waktu  datang ke sekolah kami untuk melakukan sosialisasi tertib berlalu lintas kepada siswa kami. Saya juga berharap kepada para siswa agar menyimak informasi yang disampaikan narasumber dengan baik dan tertib. Bila hal-hal yang kurang dipahami agar disampaikan dengan baik kepada narasumber ketika sesi tanya jawab dilangsungkan.”, kata Arbusin

lalin2

Para siswa sedang menyimak informasi dari narasumber dengan baik dan tertib

 

Kegiatan selanjutnya adalah pemaparan materi sosialisasi tertib berlalu lintas. Pemateri  atau narasumber adalah Kompol Woro Budiastuti, Kasubdit Kamsel Ditlantas Polda Kalteng. Dalam paparannya Wara menyampaikan berbagai hal yang berkaitan dengan aturan atau regulasi kepemilikan surat izin mengemudi (SIM) dan hal-hal yang harus dilakukan pengendara dalam berlalu lintas.

“Seorang pengendara kendaraan roda 2 atau roda 4 diwajibkan memiliki SIM dan memiliki surat-surat kendaraan yang masih aktif. Persyaratan memiliki SIM sudah ditetapkan dalam undang-undang. Selain itu seorang pengendara kendaraan bermotor juga harus memahami rambu-rambu lalu lintas dan menaati tata tertib berlalu lintas. Jangan menggunakan HP waktu berkendaraan. Karena hal itu sangat berbahaya bagi diri sendiri maupun pengguna jalan yang lain.” katanya.

 lalin3 

Narasumber melakukan interaksi menyemangati para siswa menjadi pelopor tertib berlalu lintas

 

Selain itu polwan yang sering disapa dengan nama Woro, juga menyampaikan bahwa kendaraan yang  layak dikendarai adalah kendaraan yang sudah memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh undang-undang. Bila melanggar, pasti ditilang. Selanjutnya juga diharapkan agar selalu menggunakan helm  bila berkendaraan. Bila  melakukan perjalanan jarak jauh menggunakan sepeda motor, harus menggunakan pakaian dan sepatu yang memadai untuk menjaga  kesehatan, keselamatan dan kenyamanan dalam perjalanan.

“Jangan memodifikasi sepeda motor di luar ketentuan undang-undang. Kaca spion, dan knalpot harus standar. Bila tidak, pasti ditilang. Pengendara roda 2 wajib menggunakan helm. Gunakan  jaket dan sepatu bila bepergian jauh ketika menggunakan sepeda motor.”, tambahnya.

 lalin4 

Siswa sedang mengajukan pertanyaan kepada narasumber

 

Pada bagian sesi tanya jawab, banyak siswa yang mengajukan pertanyaan kepada narasumber tentang persyaratan memiliki SIM, tata cara membayar biaya tilang, maraknya penggunaan knalpot  blong dan etika berkendara.Selain itu juga ada siswa yang menanyakan sanksi hukum kepada para pengendara yang tidak taat dalam berkendara. Semua pertanyaan dijawab oleh narasumber dengan lugas dan tegas serta mengacu kepada ketentuan undang-undang.

Pada bagian akhir kegiatan, narasumber mengajak para peserta sosialisasi agar menjadi pelopor tertib berlalu lintas demi keselamatan diri sendiri dan pengguna jalan lainnya. Jadilah siswa sebagai teladan bagi masyarakat dalam tertib berlalu lintas. (Humas SMANSA-Anw)



Share This Post To :




Kembali ke Atas


Berita Lainnya :




Silahkan Isi Komentar dari tulisan berita diatas :

Nama :

E-mail :

Komentar :

          

Kode :

 

Komentar :


   Kembali ke Atas